Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurus Burisrawa

Arya Burisrawa adalah putra keempat prabu Salya, raja negara Mandaraka dengan permaisuri Dewi Pujawati atau setyawati, putri tunggal Begawan Bagaspati dari pertapan Argabelah. Burisrawa mempunyai empat orang saudara kandung masing masing bernama Dewi Erawati, Dewi Surtikanti, Dewi Bano Wati, dan Bambang Rukmarata.

Jurus BurisrawaBurisrawa berwujud setengah raksasa, gagah perkasa dan sangat sakti. Ia berwatak sombong, senang menurutkan kata hatinya, pendendam, ingin selalu menang sendiri, senang membuat keonaran dan membuat peristiwa-peristiwa yang penuh dengan kekerasan, salah satunya ia pernah berbuat onar.

Burisrawa menikah dengan Dewi Kiswari, putri prabu kiswaka, raja negara Cedisekar atau biasa disebut dengan Cindekembang dan berputra Arya kiswara, Burisrawa suka melamun tentang Kidung Malam 46, apa itu ? Baca saja kalau tidak tahu!.

Burisrawa sangat akrab berhubungannya dengan prabu Baladewa, raja Mandura, prabu Duryudana, raja Astina, dan Adipati Karna raja Awangga karena masih berhubungan status saudara ipar. Dalam perang Bharatayuda, Burisrawa berada dipihak keluarga kurawa, ia gugur dalam peperangan melawan Arya Setyaki, putra prabu setyajid atau Ugrasena.