Home » » Khas Teh Hitam Indonesia

Khas Teh Hitam Indonesia

Beberapa negara di antaranya Kenya dan Indonesia dikenal sebagai penghasil teh hitam di dunia. Hanya saja, teh hitam Indonesia memiliki kekhasan sehingga membedakannya dengan teh hitam dari negara lain.

"Teh hitam khas Indonesia mempuyai warna cokelat kemerahan, tidak butek, aromanya khas, lebih earthy," ujar Konsultan teh sekaligus Ketua Bidang Promosi Dewan Teh Indonesia sekaligus konsultan teh, Ratna Somantri, di Jakarta, Rabu.

Di samping itu, lanjut Ratna, teh hitam khas Indonesia memiliki bentuk lebih bulat dibandingkan teh hitam dari negara lain. Menurut dia, saat saat masuk dalam mulut, bentuk bulat ini dapat terasa oleh lidah. Ratna mengatakan, selain teh hitam, Indonesia merupakan penghasil teh melati.

Sekalipun begitu, menurut dia, saat ini relatif sulit menentukan apakah produk teh melati yang marak di pasaran asli dari tanah Indonesia atau tidak, karena telah ada percampuran komiditi dari wilayah lain. Namun, Ratna menyebutkan, teh melati khas Indonesia lebih kental dibandingkan teh melati dari negara lain, China misalnya.

Di samping itu, jenis bunga melati yang dicampur dalam teh juga berbeda dengan jenis melati yang digunakan di China. "Teh melati Indonesia tidak bisa ditemukan di manapun. Jenis melati yang digunakan berbeda dengan di China. Teh di China lebih light sehingga lebih encer. Semetara di Indonesia lebih kental," kata dia.

0 komentar:

Posting Komentar