Home » » Tiga Bayi Kembar Harimau Benggala

Tiga Bayi Kembar Harimau Benggala

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat-Eksekutif Bali Zoo Emma Kristiana Chandra di Gianyar bahwa tiga bayi kembar harimau benggala ini merupakan generasi ketujuh dari pasangan induk harimau betina, Kartini; dan jantan, Buntung, sehingga menambah jumlah keluarga besarnya menjadi 15 ekor.

Tiga Bayi Kembar Harimau Benggala Harimau putih koleksi Bali Zoo di Singapadu, Kabupaten Gianyar, Bali, melahirkan tiga bayi kembar pada 11 Juni 2012 lalu dengan proses kelahiran normal, syukurlah induknya selamat :D. Ketiga bayi kembar yang diberi nama Punja, Delta, dan Gangga itu memiliki warna dan corak mengadopsi dari pejantannya yang berwarna dominan oranye dengan belang hitam dan putih.

Menurut Kristiana bahwa harimau benggala memiliki dua warna, yakni oranye dan putih. Warna putih pada harimau benggala bukanlah warna albino, melainkan variasi warna dari gen resesif dan masih terdapat loreng pada tubuhnya. Sejak lahir hingga saat ini, ketiga bayi harimau itu tumbuh sehat dengan berat badan masing-masing mencapai empat kilogram dengan tinggi mencapai 57 sentimeter, 59 sentimeter, dan 60 sentimeter.

Menurut dokter hewan Bali Zoo, drh Rangga Wiradarma bahwa pada saat menginjak usianya yang baru dua minggu, ketiga bayi kembar harimau itu masih dalam pengawasan intensif oleh tim dokter hewan dan diletakkan di kandang kontrol. Induknya masih menyusui bayi harimau itu, dan sekarang mereka terlihat aktif dan sudah mulai mengaum.

Rencananya, bayi-bayi harimau itu akan dilepas dari induknya saat berumur dua hingga tiga bulan. Kelahiran bayi harimau itu menunjukkan keberhasilan dalam pelestarian dan pemeliharaan oleh Kebun Binatang Bali. Satwa yang populasinya kurang dari 2.500 ekor di dunia ini dinyatakan terancam punah oleh Serikat Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Semoga tiga bayi kembar harimau benggala tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar