Home » » Rukun Islam

Rukun Islam

Pada postingan sebelumnya, Blogger Indonesia menulis tentang Hukum Islam dan kali ini saya akan membahas yang ada kaitannya dengan Hukum Islam yaitu Rukun Islam. Tentunya bagi penganut agama Islam hal ini sudah tidak asing lagi bagi kita khususnya yang beragama Islam.

Rukun IslamRukun Islam ada lima yaitu:
  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat: artinya mengaku tidak ada Tuhan yang wajib disembah, melainkan Allah, dan mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.
  2. Mengerjakan shalat lima waktu sehari semalam
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Berpuasa dalam bulan Ramadhan
  5. Menunaikan ibadah haji bagi yang mamou.
Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat ialah: "Dua perkataan pengakuan yang diucapkan dengan lisan dan dibenarkan oleh hati untuk menjadikan diri orang Islam.
Lafazh kalimat syahadat ialah:"Asyhadu an laa ilaaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadar rasuulullah".
Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."
Jika seorang yang bukan Islam membaca dua kalimat syahadat dengan sungguh-sungguh, yakin membenarkan dengan hati apa yang ia ucapkan, serta mengerti apa yang diucaokan, maka masuklah ia kedalam agama Islam, dan wajiblah ia mengerjakan rukun yang lima saya tadi jelaskan.

Dua kalimat syahadat masing-masing ialah:
  1. Syahadat Tauhid= artinya menyaksikan ke-Esaan Allah.
  2. Syahadat Rasul=artinya menyaksikan dan mengakui ke rasulan Nabi Muhammad SAW.
Bagi orang yang akan memasuki agama Islam, dua kalimat syahadat ini harus diucapkan bersama-sama (berturut-turut) tidak boleh dipisah-pisahkan.

Keterangan

Orang-orang yang hendak menjadi muslim / mukmin, mula-mula pertama ia harus mengucapkan dua kalimat syahadat dengan faham maknanya. Orang yang tidak dapat mengucapkan dengan lisan karena bisu atau uzur lainnya, atau karena ajal telah mendahuluinya padahal hatinya sudah beriman, mereka itu mukmin di hadapan Allah dan akan selamat kelak di hari kemudian. Tetapi orang yang tidak mau mengucapkannya, maka mereka tetap dihukum kafir.

Adapu arti Islam ialah tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan ikhlas. Iman dan Islam satu sama lain tidak dipisah-pisahkan dan sukar pula untuk diperbedakan, karena seorang tidak akan dapat dikatakan mukmin jika tidak menyerahkan diri dan menjunjung tinggi apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW, begitu juga ia tidak akan menyerahkan diri dan menjunjung tinggi jika ia tidak beriman. Karena itu setiap mumin tentu muslim dan setiap muslim tentu mukmin.

Agar lebih jelas tentang iman dan Islam, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
"Mengikrarkan dengan lidah tentang adanya Allah, dan hatinya membenarkan apa yang diikrarkan oleh lidah, kemudian anggotanya melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya".

Nah sekarang sudah jelas kan tentang Rukun Islam? Di postingan selanjutnya insya Allah Blogger Indonesia akan membahas tentang Thaharah atau bersuci, mari kita sama-sama Belajar Agama Islam yuk's.., bagi yang sudah paham tentang Agama Islam mohon bimbinganya.

0 komentar:

Posting Komentar