Home » » Api Obor SEA Games XXVI

Api Obor SEA Games XXVI

Api obor SEA Games XXVI yang sempat diarak keliling Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, malam ini diinapkan di Balaikota Jakarta. Api obor yang diambil dari sumber api abadi di Mrapen, Jawa Tengah, tersebut tiba di Balaikota sekitar pukul 15.45 WIB. Malam ini (obor) akan berada di Balaikota. Besok, api obor akan dibawa keliling ke lima wilayah DKI Jakarta, kemudian lanjut ke Palembang, menurut Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Balaikota, Jakarta pada hari Jumat tepatnya tanggal 4 november 2011.

Api Obor SEA Games XXVIApi obor SEA Games tiba di Bandar Udara Soekarno Hatta pada pukul 13.00 WIB. Obor kemudian dibawa ke Istana Wakil Presiden dan diserahkan kepada Wakil Presiden RI Boediono oleh juara dunia bulu tangkis tahun 1983, Icuk Sugiarto. Api obor itu kemudian diserahkan kepada Fauzi Bowo. Ia sempat berlari membawa obor SEA Games diiringi beberapa pejabat pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai dari kantor Wakil Presiden hingga halte busway Gambir, Jakarta Pusat.

Di Gambir, obor SEA Games diserahkan kepada mantan atlet bulu tangkis, Joko Supriyanto, untuk dibawa sambil berlari menuju silang Monas Timur. Obor kemudian diserahkan kepada mantan petinju, La Paene Masara, menuju halte busway Jalan Merdeka Utara, lalu diserahkan kepada atlet atletik Achmad Saleh menuju halte busway Jalan Merdeka Barat depan Istana Presiden.

Estafet obor dilanjutkan oleh mantan atlet lompat tinggi, Nini Patriona, menuju Taman IRTI Monas sebelum diserahkan kepada mantan pelari, Ema Tahaphari, menuju halaman Balaikota Jakarta. Setibanya di Balaikota, api obor SEA Games XXVI disambut oleh tari-tarian daerah yang terdiri dari lima tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Api obor kemudian diterima kembali oleh Fauzi Bowo dan diestafetkan kepada Sekretaris Daerah DKI, Ketua DPRD DKI, Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Ketua KONI, dan terakhir kepada Ketua Inasoc.

Dengan mengucap bismillah, Fauzi Bowo nyalakan api obor menyukseskan acara SEA Games ke XXVI tahun 2011. Semoga Tuhan memberkati memberi berkah kepada kita semua, kata Fauzi Bowo sambil menyulut api obor ke bokor besar di halaman Balaikota. Api pada bokor di Balaikota ini akan tetap menyala selama 24 jam dan dijaga empat personel Satuan Polisi Pamong Praja. Pada hari Sabtu tanggal 5 November 2011 besok, api obor SEA Games akan dinyalakan lagi melalui bokor api dan dibawa berkeliling mulai dari Balaikota DKI Jakarta sampai Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Rute perjalanan obor SEA Games esok hari melewati wilayah Kota Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara dengan lebih dulu singgah di Jalan M.H Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman-Senayan-Gelora Bung Karno-Jalan Gatot Subroto-Jalan MT Haryono-Jalan Dewi Sartika-Jalan DI Panjaitan-Jalan Ahmad Yani-Kantor Wali Kota Jakarta Utara-Sunter Kelapa Gading. Semoga SEA Games XXVI berjalan dengan lancar dan semoga saja atlit-atlit kebanggaan kita dapat meraih medali emas sebanyak mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar