Home » » Rekor penjualan Koin langka Australia

Rekor penjualan Koin langka Australia

Rekor penjualan Koin langka Australia sangat besar pada tahun ini. Dolar berlubang tersebut terjual dengan harga 485 ribu dolar Australia (USD520 ribu). Dolar berlubang merupakan mata uang logam pertama di Australia yang beredar pada tahun 1789. Sebuah lubang dipukul tepat pada bagian tengah koin untuk mendevaluasi mata uang dan memastikan koin tersebut tidak diselundupkan keluar Australia. Saat ini diketahui koin tersebut hanya berjumlah 300 buah dan 200 diantaranya berada di tangan swasta.

Rekor penjualan Koin langka AustraliaMelinda Cuppens, manager direktur CoinWorks yang merupakan agen penjual mata uang yang langka mengatakan logam itu dalam keadaan yang baik. Logam ini mungkin salah satu dari 10 dolar berlubang yang bisa anda temukan, ujarnya seperti dikutip Straits Times, Senin (4/7/2011). Penjulan tersebut mengikuti hasil penjualan awal tahun dari penjualan satu sen uang langka di tahun 1930 yang terjual lebih dari 1,5 juta dolar Australia.

Koin ini memang tidak pernah dimasudkan untuk disirkulasi, namun koin ini digunakan sebagai koleksi musium. Pecahan uang yang seharusnya dimuseumkan di Australia ada enam, tetapi tiga diantaranya di tangan swasta. Sepertinya, Orang Australia sangat menghargai sejarah mereka. Bahkan koin yang sudah tidak bisa dipakai, namun memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai mata uang dimasa lampau di beli dengan harga yang tinggi dan meraih rekor penjualan di Australia. Demikian catatan online Blogger Indonesia yang berjudul Rekor penjualan Koin langka Australia.

0 komentar:

Posting Komentar