Home » » Spesies baru jamur

Spesies baru jamur

Spesies baru jamur ditemukan di hutan Malaysia. Bentuknya yang mirip dengan karakter kartun SpongeBob SquarePants yang merupakan film kesukaan Blogger Indonesia. Ya menjadikan spesies jamur ini memiliki nama yang hampir mirip dengan kartun produksi Nickelodeon, jamur tersebut bernama Spongiforma squarepantsii.

Spesies baru jamurJamur berwarna oranye ini ditemukan di Bukit Lambir, Sarawak, Malaysia pada tahun 2010 oleh peneliti dari San Francisco State University. Bentuknya seperti spons laut. Dengan menggunakan miskroskop elektron, area penghasil spora (makhluk bersel satu) berbentuk menyerupai spons tabung yang terhampar di dasar laut.

Jamur ini pun memiliki aroma khas, seperti aroma buah, namun baunya menyengat. Jika dipercikan dengan cairan kimia yang kuat, warna jamur ini akan berubah menjadi ungu. Jika ditekan, jamur ini akan mengempis seperti spons, karena tidak memiliki batang. Profesor Departemen Biologi di San Francisco State University, Dennis Dejardin, mengatakan jamur ini memang serupa dengan spons.

Jika basah, lembab, dan segar, air bisa ditekan keluar. Tapi kemudian jamur itu akan kembali ke ukuran semula, setelah mengempis akibat dipencet. Ini berbeda dengan spesies jamur yang lain. Bukannya hal tersebut benar-benar mirip tokoh kartun SpongeBob SquarePants.

0 komentar:

Posting Komentar