Home » » Istilah Telekomunikasi Protokol MEGACO

Istilah Telekomunikasi Protokol MEGACO

Selamat datang di Blog agustomo, kali ini saya akan membahas tentang Istilah Telekomunikasi Protokol MEGACO. Secara fungsional Megaco adalah protocol pensinyalan yang digunakan antara MG dan MGC (softswitch).Protokol MEGACO oleh ITU-T menamainya dengan H.248, sementara kalangan IETF menyebutnya Megaco (RFC 3525). Megaco menawarkan peningkatan lebih dari MGCP, yaitu:
  • Mendukung multimedia danconferencee multipoint yang meningkatkan layanan.
  • Pilihan pengangkut TCP dan UDP.
  • Memperbolehkan teks encoding atau binary encoding.
Sebagai perjanjian dalam Megaco media gateway dapat terletak dimana saja dalam jalur panggilan, dari sebuah terminal diujung network sampai gateway besar ditengah network, MG tidak harus untuk VoIP saja, tapi juga untuk topologi-topologi yang berbeda. Megaco mempunyai struktur arsitektur yang hamper sama dengan MGCP tetapi Megaco mempunyai fungsi yang lebih luas. Dalam proses pembangunan dan pemutusan hubungan protocol Megaco melibatkan dua parameter utama yang disebut termination dan context.
  • Termination dalah entitas logic dalam MG yang berfungsi sebagai sumber data. Sebuah termination didefinisikan sebagai kumpulan dari sejumlah karakteristik properties, yang tergabung dalam satu set descriptors yang termasuk dalam command.
  • Context didefinisikan sebagai hubungan antara beberapa termination. Context juga menyatakan suatu komponen penyambungan jika dalam hubungan tersebut terdapat lebih dari 2 termination. Null context merupakan tipe context yang khusus. Null context terdiri dari termination yang tidak berhubungan dengan termination yang lain. Termination dalam null context memiliki parameter sendiri untuk digunakan atau diubah. Secara umum, add command digunakan untuk menambahkan termination dalam context. Jika MGC tidak menyebutkan ke context mana termination harus ditambahkan, maka MG akan menciptakan context baru.
Megaco menggunakan konsep dari context untuk memproses panggilan multimedia dan panggilan konferensi. Komponen lain dalam Megaco adalah Descriptors dan Packages. Descriptors digunakan bersama-sama dengan command dan berfungsi sebagai parameter. Descriptors menyediakan informasi yang cukup untuk mendasari elemen seperti DSP. Hal ini mungkin digunakan secara sederhana dan dengan cara yang menarik untuk mengimplementasikan context bila dihubungkan dengan layanan yang diberikan. Beberapa jenis descriptors diantaranya:
  • Modem Descriptor digunakan untuk melakukan konfigurasi terhadap modem berbasis DSP untuk text telephony.
  • Multiplex descriptor digunakan pada tipe media yang dihubungkan dengan bearer channel.
  • Media descriptor menjelaskan media stream dan transformasi yang diaplikasikan ke media flow melalui termination.
  • Event descriptors merupakan daftar-daftar kejadian untuk notifikasi.
  • Signal descriptors merupakan sinyal yang dihubungkan dengan sinyal suara dan menyatakan sinyal mana yang diminta oleh MGC dari MG untuk dipakai oleh termination.
  • Package descriptor digunakan hanya bersama-sama dengan Audit Value command, berfungsi untuk mengembalikan daftar packages yang dicapai termination.
Media descriptor terdiri atas:
  • Termination State descriptor digunakan untuk membawa kondisi termination yang independent dari berbagai media flow.
  • Local Control descriptor digunakan untuk menyediakan informasi yang berhubungan dengan media stream hanya diantara MGC dan MG.
  • Local & Remote descriptor digunakan untuk membawa informasi yang menjelaskan media flow didalam stream yang harus dikoordinasi dengan remote entity.
Saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau yang sudah bersertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar anda tidak berurusan dengan pihak yang berwajib. Semoga bermanfaat…

0 komentar:

Posting Komentar