Home » » Istilah Telekomunikasi Protokol H.323

Istilah Telekomunikasi Protokol H.323

Selamat datang di Blog agustomo, kali ini saya akan membahas tentang Istilah Telekomunikasi Protokol H.323. H.323 merupakan protokol yang memayungi beberapa protokol lain yang terlibat dalam proses transmisi multimedia. Protokol – protokol tersebut tidak semuanya merupakan rekomendasi ITU-T tapi ada juga yang merupakan rekomendasi IETF. Beberapa protokol tersebut diantaranya:
  • H.26x codecs Rekomendasi mengenai proses digitalisasi sinyalvideo analog. Contohnya : H.261 dan H.263
  • H.225.0 Jika gatekeeper terdapat dalam suatu network makaH.225.0 mengatur proses registrasi terminal kegatekeeper tersebut dan mengatur pula proses admisi di jaringan tersebut. Jika gatekeeper tidak ada maka H.225 digunakan untuk proses setup dan cleardown panggilan, bekerja sama dengan protokol Q.931.
  • H.245 Protokol ini berfungsi untuk membangun kanal logikal (logical channel) yang akan menjadi kanal transmisi media. Setelah proses setup hubungan antara dua endpoint berhasil dilakukan menggunakan H.225.0 dan Q.931
  • Q.931Q.931 digunakan bersama H.225.0 untuk membangun hubungan H.323. H.225.0 di sisipkan dalam pesan UUIE (User to User Information Element) dari Q.931 untuk menyediakan informasi tambahan yang tidak tersedia dalam format Q.931misalnya informasi mengenai IP address.
  • RTP (Real time Transport Protocol)adalah protokol yang digunakan untuk mengkompensasi jitter dan desequencing yang terjadi pada jaringan IP. RTP berisi informasi tipe data yang dikirim yaitu timestamps yang digunakan untuk pengaturan waktu suara percakapan sehingga terdengar seperti sebagaimana diucapkan, dan sequence numbers yang digunakan untuk pengurutan paket dataRTP didesain untuk digunakan pada layer transport, namun demikian RTP digunakan diatas UDP, bukan pada TCP karena TCP tidak dapat beradaptasi pada pengiriman data secara real-time dengan keterlambatan yang relatif kecil seperti pada pengiriman data komunikasi suara.
  • RTCP (Real time Transport ControlProtocol) digunakan untuk mengirimkan paket kontrol setiap terminal yang berpartisipasi pada percakapan yang digunakan sebagai informasi untuk kualitas transmisi jaringan
Standar ini bukan standar yang berdiri sendiri tetapi merupakan kumpulan dari beberapa komponen, protokol dan prosedur dalam membangun layanan komunikasi multimedia yang menerangkan set voice, video dan standar konferensi data. Semoga informasi tentang protokol H.323 dapat bermanfaat bagi anda dan Saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau yang sudah bersertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar anda tidak berurusan dengan pihak yang berwajib.

0 komentar:

Posting Komentar