Home » » Istilah Telekomunikasi Internet

Istilah Telekomunikasi Internet

Internet dapat diartikan sebagai jaringan computer luas dan besar mendunia, yaitu menghubungkan pemakai computer dari suatu Negara ke negara lain diseluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
  • Internet Protokol (IP)
Internet protokol didesain untuk interkoneksi sistem komunikasi computer pada jaringan packet switched. Secara umum protokol ini bertugas untuk menangani pendeteksian kesalahan pada saat transfer data. Untuk komunikasi datanya, internet protocol mengimplementasikan dua fungsi dasar yaitu addressing dan fragmentasi.
  • TCP
TCP merupakan salah satu protocol yang berada pada lapis transport. Konsep dasar cara kerja TCP adalah mengirim dan menerima segment-segment informasi dengan panjang dan data bervariasi pasa suatu datagram internet. TCP menjamin reliabilitas hubungan komunikasi karena melakukan perbaikan terhadap data yang rusak, hilang atau kesalahan kirim. Data dikirim dalam sesi urutan paket. Tetapi penanganan datanya mengalami keterlambatan.
  • UDP (User Datagram Protokol)
UDP yang merupakan salah satu protocol utama diatas IP adalah transport protocol yang lebih sederhana disbanding dengan TCP. UDP menyediakan layanan “best effort” (tidak handal), tidak berurutan, unicast atau multicast sehingga segment UDP bisa hilang. Data dikirim sebagai urutan byte-byte (datagram) dalam satu paket saja. Pengiriman data sangat cepat, sehingga delay yang ada hanya delay propagasi saja. UDP digunakan pada DNS, ICMP, VoIP, dll.
  • HTTP (Hyper Transport Transfer Protocol)
HTTP merupkan protocol untuk aplikasi web yang menggunakan TCP dengan port server 80. Menggunakan komunikasi 2 arah, model clientserver. Client http merupakan browser yang melakukan request dan menerima objek web dan Server http merupakan web server yang mengirim objek sebagai respon terhadap request client.
  • FTP (File Transport Protocol)
FTP memungkinkan pengiriman paket / data secara aman antara client dan server.
Client ftp merupakan sisi yang menginisiasi transfer dan Server ftp merupakan remote host. Client FTP menhubungi server FTP pada port 21, menggunakan TCP sebagai protocol transport, kemudian port 20 juga akan dibuka untuk pertukaran data.

Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email atau surat elektronik, Usenet, Newsgroup, perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email atau surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog.

Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem Tertutup adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella. Tata tertib internet dikenal dengan nama Nettiquette.

Saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau yang sudah bersertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar anda tidak berurusan dengan pihak yang berwajib. Dan perangkat yang sudah di sertifikasi tentunya sudah lulus pengujian di balai uji sehingga mutu dan kualitasnya perangkat yang anda beli terjamin.

0 komentar:

Posting Komentar